Paragraf Beserta Ide Pokonya

KOTAK PENCARIAN




contoh paragraf dengan ide pokoknya

BAHASA INDONESIA
  Ada banyak cara yang orang lakukan untuk mengisi hari pertamanya di tahun baru. Ada yang menyambut fajar pertama di puncak gunung, bersenang-senang dengan konvoi kendaraan bermotor, atau merayakannya dengan pesta kembang api, atau mungkin merayakannya dengan pasangan masing-masing.
           Gagasan utamanya: Cara orang mengisi hari pertama di tahun baru.


      Salah satu kerinduan ibu saya adalah melihat kami, anak-anaknya, dapat menyelesaikan pendidikan dan mendapat pekerjaan sesuai dengan latar belakang pendidikan kami masing-masing. Di atas semua kerinduan itu, ia menanamkan kepada kami sikap yang takut akan Tuhan dan hati yang mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Ibu selalu mengajarkan. "Kalau bukan Tuhan yang menyertai dan memberkati usaha yang kita lakukan, maka semua usaha dan kekuatan yang kita kerahkan akan sia-sia. Karena itu, berdoalah untuk setiap hal yang sudah kita rencanakan dan mintalah tuntunan serta campur tangan-Nya.
 Gagasan utamanya: berdoalah untuk setiap hal yang sudah kita rencanakan dan                     mintalah tuntunan serta campur tangan-Nya.



3.             Kegiatan ultah panser biru yang ketiga telah mencapai klimaksnya. Bahkan ketika mereka menggelar jalan santai sepuluh ribu peserta, membuat  kota Semarang menjadi hamparan biru. Apalagi panitia telah menyiapkan doorprize besar besaran.Ada motor , TV , kulkas , VCD player , tape dan ratusan hiburan lainnya
Gagasan utamanya : Kegiatan ultah panser biru yang ketiga telah mencapai klimaksnya.



4.             Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.
Gagasan utamanya : beberapa penyebab kemacetan di Jakarta



    Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi planet Bumi. Di Bumi, atmosfer terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi. Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi di lapisan tersebut.
Gagasan utamanya : Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi planet Bumi.



             Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. Mesin buatan Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda.  Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
Gagasan utamanya : Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta.




             Sejak dini, siswa telah ditanamkan berpikir secara ilmiah. Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Bagaimana caranya? Misalnya, ajaklah siwa mengamati dan mencatat jenis dan jumlah tanaman toga yang ada di lingkungan sekolah. Pada saat siswa belajar di SMP. disini siswa diajak untuk bereksperimen kecil dengan membuat percobaan sederhana. Ketika siswa belajar di SMA, berpikir ilmiah lebih ditekankan pada pengerjaan pelatihan yang lebih bervariasi atau juga dapat mengembangkannya. Artinya, untuk belajar berpikir ilmiah, siswa tidak perlu menunggu menjadi mahasiswa yang belajar di universitas.
Gagasan utamanya : Sejak dini, siswa telah ditanamkan berpikir secara ilmiah.


         Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya . Contohnya di pulau Sumatra yang terdiri dari suku batak, suku minang , suku aceh, suku melayu dan lain-lain yang masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Bukan hanya dipulau Sumatra saja, bahkan di pulau Jawa, Kalimantan, dan juga pulau-pulau lainnya juga terdapat macam-macam suku dengan kebudayaannya.
Gagasan utamanya : Indonesia merupakan Negara yang kaya akan budaya


            Bunga teratai itu indah sekali. Bunganya mekar. Warnanya ungu agak keputih-putihan. Ada juga warna kuning pada bagian kelopaknya. Ujung-ujungnya melengkung lancip, mirip seperti kuku.
Gagasan utama: bunga teratai itu indah sekali.


      Pertandingan berlangsung amat seru, Setiadi mendapat umpan terobosan dan langsung berhadapan dengan kiper Danil Suhega. Tembakan datar dan tidak terlalu keras dilakukan oleh Setiadi ke pojok kanan gawang memperdayai Danil. Gol tunggal Utama Jaya dicetak Setiadi pada menit ke-75.
Gagasan utama: gol tunggal Utama Jaya dicetak Setiadi pada menit ke-75








Paragraf Beserta Ide Pokonya 9out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Terimakasih telah membaca artikel: Paragraf Beserta Ide Pokonya di Handikas's blog
-SERTAKAN SUMBER ARTIKEL http://handikap60.blogspot.com/2012/06/paragraf-beserta-ide-pokonya.html KETIKA MENGCOPY !!!
- bagikan artikel tersebut melalui facebook dan twitter
- update artikel di blog ini dengan cara like fanpage facebook dan follow twitter kami
- baca artikel seputar pendidikan yang lain di blog ini

BACA JUGA !!!!

1 comment:

  1. informasi dalam blog ini sangat bermanfaat, isinya sangat inovatif dan kreatif. saya baru menemukan jawaban dari unek-unek yang selama ini membuat saya bingung. makasih ya informasinya!!

    ReplyDelete